Arduino adalah ...

The Arduino Framework
Arduino adalah sebuah framework open source yang terdiri dari software dan hardware yang dibuat dengan tujuan memudahkan pembuatan sebuah aplikasi komputer yang dapat berinteraksi langsung dengan dunia luar.
Arduino pertama kali dikeluarkan pada tahun 2005 di Ivrea italia oleh Massimo Banzi, David Cuartiellez, dan beberapa co-founder lainnya. Arduino platform, didesain semudah dan sesederhana mungkin untuk para Hobbyist, siswa/mahasiswa, dan kalangan profesional. Harga yang dirilis untuk sebuah papan Arduino pun tergolong murah jika dibandingkan dengan modul pembelajaran mikrokontroler yang lain yaitu $23. Hal ini tentunya membuat arduino dapat dengan mudah terjangkau oleh mahasiswa yang sedang kesulitan untuk mempelajari mikrokontroler. Pada saat pertama kali diluncurkan Arduino menggunakan mikrokontroler Atmega8, semenjak saat itu banyak bermunculan jenis-jenis Arduino yang baru yang menggunakan berbagai jenis mikrokontroler keluaran Atmel.
Arduino Team
Hardware
Sebuah papan Arduino mempunyai beberapa pin yang bisa digunakan sebagai input atau output. Ada banyak jenis papan arduino dari berbagai ukuran, jumlah pin, dan kegunaaan, namun semuanya menggunakan mikrokontroler "Atmel" sebagai otak dari platform arduino. Gambar di atas adalah Arduino Uno, jenis arduino yang paling umum dipakai untuk orang yang ingin terjun di dunia mikrokontroler.
Arduino ini memiliki aksesoris tambahan yang disebut dengan Shield. Shield tersebut digunakan menambahkan fitur-fitur atau fungsi khusus pada Arduino. Penggunaan shield ini pun cukup mudah, Kita hanya tinggal menyambung atau menumpuk shield tersebut langsung di atas arduino. Shield-shield ini biasanya digunakan ketika kita ingin menambahkan hal-hal tertentu pada project yang sedang kita buat. contohnya ethernet shield yang bisa memberikan koneksi jaringan untuk arduino, wifi shield untuk memberikan koneksi wifi, GSM shield memberikan fitur SMS untuk project elektronik yang kita buat, dan sebagainya.
Platform Arduino dan shieldnya merupakan open source Hardware, yang artinya kita pun diperbolehkan membuat, memperbanyak, dan bahkan menjual Arduino yang kita buat sendiri. Schematic dan tutorial untuk membuat arduino sendiri bisa dilihat langsung di situs resmi arduino
Software
Untuk memprogram Arduino dibutuhkan software Arduino IDE yang bisa diunduh secara gratis di situs arduino. IDE ini merupakan penggabungan dari beberapa platform pemrograman, aplikasi IDE nya sendiri ditulis dengan menggunakan java yang diambil dari platform IDE Processing.
Untuk memprogram Arduino, digunakan bahasa C/C++ yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa menggunakan library Wiring agar mudah dimengerti untuk pemula yang baru belajar tentang pemrograman. Dimana untuk menjalankan Sebuah program arduino hanya dibutuhkan dua fungsi utama yaitu setup() dan loop().
For Makers and Profesional? Not Really.
Sejak pertama kali dirilis Arduino telah banyak membantu masyarakat dalam dunia "tinkering" atau yang biasa kita sebut dengan "ngoprek". Karena kemudahannya untuk dipelajari dan digunakan membuat platform ini banyak diminati oleh berbagai kalangan. Dunia pendidikan sudah pasti banyak yang menggunakan Arduino, namun banyak juga seniman-seniman modern yang menggunakan arduino untuk membantu menuangkan karya-karya mereka walaupun mereka tidak mempunyai background IT dan elektronik.
https://www.youtube.com/watch?v=GciftUFN-JM
Berkat kemudahannya, Arduino mudah dipahami untuk anak-anak dan kita sudah bisa mengajarkan membuat dunia pemrograman menjadi lebih menyenangkan bagi anak-anak. Sebagai contoh adalah sylvia yang sudah mempunyai beberapa video tutorial tentang beberapa project Arduino
lalu ada lagi quin seorang makers muda berusia 13 tahun yang sudah menjadi CEO untuk perusahaan kecil yang dia dirikan bernama Qtechknow. Qtechknow itu sendiri sudah membuat beberapa Shield dan Aksesoris untuk Arduino

Comments

Popular Posts