Cara install Webiopi


Halo semua, sebelumnya saya ucapkan selamat datang di blog saya. ini adalah tutorial pertama saya yang saya harap bisa membantu dalam penggunaan Raspberry Pi secara maksimal. 

Silakan Dicoba, harap maklum dalam format penulisannya ya, karena ini posting pertama saya.

 Instalasi WebIOPi
          WebIOPi adalah aplikasi open source yang dibuat untuk membuat mengontrol GPIO melalui web browser. Aplikasi ini merupakan framework untuk bahasa pemrograman python yang didalamnya sudah berjalan WebServer Apache. Aplikasi ini dapat diunduh langsung melalui Raspberry Pi dengan perintah wget.
          Untuk dapat mengunduh WebIOPI, pastikan Raspberry  Pi sudah terhubung dengan internet dan pada command line Raspberry Pi kita mengetikkan,
pi@raspberrypi$ wget http://webiopi.googlecode.com/files/WebIOPi-0.6.0.tar.gz


          Data yang diunduh adalah berupa data berformat .tar.gz yang merupakan kumpulan data yang harus di ekstrak. Untuk mengekstrak data tersebut digunakan perintah tar zxvf.
pi@raspberrypi$ tar zxvt WebIOPi-0.6.0.tar.gz

          Data yang sudah diekstrak adalah berupa data-data mentah untuk instalasi WebIOPi yang sudah berada dalam satu folder. Maka untuk selanjutnya kita masuk kedalam folder tersebut.
pi@raspberrypi$ cd WebIOPi-0.6.0



          Jika kita sudah masuk ke dalam folder maka aplikasi WebIOPi sudah siap untuk di instal dengan perintah “sudo ./setup.sh
pi@raspberrypi$ sudo ./setup.sh
                          Jika sudah selesai dengan benar maka kita bisa memeriksa apakah aplikasi ini sudah terinstall dengan benar perintah “ls –l”.
pi@raspberrypi$ ls -l

Comments

Popular Posts